Wednesday, June 06, 2007

PENGAKUAN KECIL

NAIVE 1
i know that I can be great someday. what i don't have any idea is the answer to the question whether I belong to the good or the evil when the day come. and i am worrying that i wrong my knowledge and there is no wayback for me repenting, no chance to make up.


NAIVE 2

aku tahu terkadang aku bisa menjadi sangat liar dalam pikiran dan perilakuku, dan aku mengerti benar akan apa yang sedang kulakukan. aku juga tahu dan pernah mencoba cara mengatasi dan memangkas pikiran-pikiran liar itu dan berhasil. namun entah kenapa aku enggan melakukannya dan malah merindukan perilaku-perilaku liar itu menyergapku. aku juga tahu bahwa lebih dari 50 persen umurku, tak terhitung waktu yang kuhabiskan untuk tidur, kulewati dengan iman dan kesadaran seorang 'manusia' di dalam dadaku, bahwa aku masih menyimpan nurani dan pikiran bijak disisi setiap pikiran liarku yang terkadang mengambil alih keseluruhan hidupku dalam tempo yang meski sering teramat singkat. aku tahu bahwa suatu saat aku harus berhenti melepaskan pikiran-pikiran liarku itu dan menjadi orang tua dewasa dan bijak yang sesekali mengeluarkan kalimat-kalimat nasihat dalam bahasa yang santun kepada cucu-cucuku.

NAIVE 3
dan aku juga tahu bahwa disaat keinginan untuk bertransisi menuju kedewasaan penuh mulai memudar, dorongan untuk kembali manapaki jalan-jalan kelam menyerap seluruh kesadaran religiku, memupuskan harapan untuk meraih pencerahan dan meruntuhkan benteng-benteng pertahanan yang telah kucoba dirikan, serta membuatku merasa konyol, kembali ke titik nol, saat hampa kembali mengisi hari-hariku.

NAIVE 4
dan terakhir, aku tahu bahwa diriku pernah menjalani hidup yang penuh perjuangan dan hari-hari melelahkan namun menyenangkan dengan sejumput cinta dan seberkas cahaya menghiasi jalan-jalan hidupku meski kesadaranku tentangnya jauh lebih kuat di saat sekarang aku telah kehilangan 'semuanya', semua kehangatan dan keceriaan dan kekangan-kekangan yang menjagaku tetap pada rel-ku, ketimbang saat dulu kakiku menapaki jalan-jalannya yang keras.

No comments: